ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN TIK TERHADAP
MAHASISWA
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Masalah
Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sangat berkembang di
masyarakat. Umumnya Teknologi Informasi adalah sebuah teknologi yang
dipergunakan untuk mengelola data, meliputi didalamnya : memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai macam cara
dan prosedur guna menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna
tinggi. Perkembangan TIK pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya
kebutuhan manusia. Saat ini tren pengguna e- yang berarti elektronik bermunculan.
Seperti e-education, e-government, e- learning dan lainsebaigainya. Teknologi
Informasi dan Komuikasi seakan telah mendarah daging didalam diri setiap
manusia di era ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah mengglobal
mampu mencakupi segala aspek yang ada dalam kehidupan. Dalam bidang pendidikan,
TIK banyak memiliki peranan. Teknologi Informasi seakan telah menjadi
pengalihfasihan buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat
konvensional. Teknologi Informasi menyebebkan ilmu pengetahuan menjadi kian
berkembang dan berkembang. Namun, TIK juga memiliki dampak negative terhadap
kehidupan, salah satunya yang menonjol adalah di bidang pendidikan. Kenyataan
ini yang mendorong penulis untuk mengungkap lebih jauh tentang Dampak Teknologi
Informasi dan Komunikasi Terhadap Aktivitas Pendidikan.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa TIK itu?
2.
Peran TIK dalam pendidikan?
C.
Tujuan
a. Agar
mengetahui peranan, dampak positif, dampak negatif TIK dalam bidang pendidikan
b.
Mengetahui solusi yang tepat dalam menangani dampak negatif TIK dalam bidang
pendidikan
D.
Manfaat
Mengetahui
seberapa penting dampak penggunaan TIK terhadap mahasiswa
TINJAUAN PUSTAKA
Pengertian
TIK
TIK adalah berbagai aspek yang
melibatkan teknologi, rekayasa dan teknik pengelolaan yang digunakan dalam
pengendalian dan pemrosesan informasi serta penggunaanya, komputer dan hubungan
mesin (komputer) dan manusia, dan hal yang berkaitan dengan sosial, ekonomi dan
kebudayaan. Definisi lain tentang TIK yaitu suatu teknologi yang digunakan
untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan,menyusun, menyimpan,
memanipulasi data dalam berbagai cara unntuk menghasilkan informasi yang
berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang
digynakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan juga merupakan
informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Arti Teknologi Informasi
dalam dunia pendidikan seharusnya berarti tersedianya saluran atau sarana yang
dapat dipakai untuk menyiarkan program pendidikan.
Peranan TIK dalam Pendidikan Di dunia pendidikan
Banyak sekali lembaga pendidikan
yang telah berhasil mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam
mendukung proses pembelajarannya. Dunia saat ini sedang memasuki era yang
ditandai dengan gencarnya inovasi teknologi dan peluang ekonomi yang belum
pernah terbayangkan sebelumnya. Perubahan-perubahan besar terjadi dalam bidang
teknologi, politik, sosial dan ekonomi. Segala perubahan ini telah menyebabkan
terjadinya pergeseran dalam berbagai bidang yang antara lain adalah :
a. Masyarakat industri ke masyarakat
informasi (kita masih berkutat dari masyarakat agraris ke masyarakat industri)
b. Teknologi yang dipaksakan ke
teknologi tinggi (hi-tech)
c. Ekonomi
nasional ke perekonomian dunia
d. Kebutuhan jangka pendek ke jangka panjang
e. Sistem sentralisasi ke sistem desentralisasi
f. Bantuan ke lembaga berpindah ke swakarsa
g. Dari pola hirarchi ke jaringan kerja (networking)
Dari pilihan
terbatas ke banyak pilihan Menurut Budi Sutedjo (Eti Rpchaety, 2005), gelombang
teknologi dan informasi berkembang melalui beberapa tahapan sebagai berikut :
a. Gelombang
pertama, Pemanfaatan TIK difokuskan untuk peningkatan produktivitas dan
memperkecil biaya
b. Gelombang
kedua, TIK difokuskan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer
melalui pembangunan jaringan komputer
c. Gelombang
ketiga, TIK difokuskan untuk menghasilkan keuntungan lewat pembangunan program
sistem informasi
d. Gelombang
keempat, TIK difokuskan untuk membantu proses pengmabilan keputusan dari data
kualitatif
e. Gelombang
kelima, TIK difokuskan untuk meraih pelanggan (konsumen) melalui pengembangan
jaringan internet
f. Gelombang
keenam, TIK yaitu mengembangkan sistem jaringan tanpa kabel (wireless).
Teknologi Informasi berbasis pada disiplin ilmu-ilmu Informatika, Teknik
Komputer dan Manajemen Informatika yang semuanya terikat dalam Komputasi.
Komputasi berarti pekerjaan ynag berkaitan dengan aktivitas : hitung menghitung
proses pengolahan, penyimpanan dan penyampaian informasi, akibatnya tiap
jaringan komunikasi beralih menjadi sentral informasi dan bukan komputernya
lagi. Pemanfaatan ynag dulunya sangat terbatas, kini telah memasuki kedalam
katagori strategis, pengaruhnya pada kelangsungan usaha taidak dapat dipungkiri
lagi (PUSTEKKOM, 2006). Teknologi Informasi dari masa ke masa selalu mengalami
perkembangan yang pesat. Kemajuan ynag pesat dalam bidang elektronika
menyebabkan kemampuan
komputer
maju pesat dan cepat usang menikuti Hukum Moore (Vide;Bill Gates 1995 dalam
PUSTEKKOM) dimana :
a. Kemampuan
chip komputer akan menjadi dua kali lipat setiap tahunnya
b. Perangkat lunak semakin canggih
c. Batas maya (virtual) tidak akan pernah
tercapai. Dalam dunia pendidikan, keberadaan sistem informasi dan komunikasi
merupaka salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas
pendidikan.
Dalam sebuah lembaga pendidikan harus memiliki
komponen-komponen yang diperlukan untuk menjalankan operasional pendidikan,
seperti siswa, sarana dan prasarana, struktur organisasi, proses, sumber daya
manusia (tenaga pendidik), dan biaya operasi. Sedangkan sistem komunikasi dan
informasi terdiri dari komponen-komponen pendukung lembaga pendidikan untuk
menyediakan informasi yang dibutuhkan puhak pengmabil keputusan saat melakukan
aktivitas pendidikan (PUSTEKKOM,2006).
Peran-peran
TIK dalam dunia pendidikan :
a. TIK
sebagai keterampilan (skill) dan kompetensi
b. TIK
sebagai infrastruktur pendidikan
c. TIK
sebagai sumber bahan ajar
d. TIK
sebagai alat bantu dan fasilitas pendidikan
e. TIK sebagai
sistem pendukung keputusan
PENUTUP
Kesimpulan
Teknologi
Informasi dan Komunikasi yaitu semua bentuk teknologi yang terlibat dalam
pengumpulan, memanipulasi, komunikasi, presentasi dan menggunakan data (data
yang ditransformasi menjadi informasi). Pendidikan tidak bisa dilepaskan dari
perkembanganTeknologi Informasi dan Komunikasi. ICT bukan lagi menjadi asing
dalam dunia pendidikan tetapi sudah menjadi penting dan sangat mendukung dalam
dunia pendidikan. Salah satu bukti pentingnya ICT adalah unntuk pemerataan
pendidikan dengan kondisi geografis Indonesia yang luas sangat diperlukan ICT.
Beberapa dampak positif yang diperoleh dengan adanya ICT dalam dunia pendidikan
antara lain :
1.
Memberikan kemudahan terhadap dunia pendidikan dalam pencapaian tujuan
pendidikan nasional Indonesia secara umum.
2. Meningkatkan
mutu pendidikan karena dengan ICT dapat dengan mudah menerima informasi baik
dari dalam maupun dari luar negeri
3.
Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang merupakan produk dari
dunia pendidikan
4. Dan
lain-lain. Oleh karena pentingnya ICT dalam dunia pendidikan, maka Departemen
Pendidikan melalui PESTEKKOM terus melakukan pengembangan ICT dalam dunia
pendidikan di Indonesia. namun, penggunaan TIK harus tetap diawasi karena TIK
juga memiliki dampak negatif. Oleh karena itu pertimbangan untung rugi harus
dijalankan dalam penggunaan TIK di bidang pendidikan, juga kita harus
menggunakan etika dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga peggunaan
TIK di bidang pendidikan lebih optimal dan berjalan secara baik dan benar.
ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN TIK
TERHADAP MAHASISWA
1.
Apakah mahasiswa mengetahui apa itu
TIK ?
a.
Ya
b.
Tidak
2.
Apakah TIK penting dalam pendidikan
?
a.
Ya
b.
Tidak
3.
Apakah TIK berdampak positif pada
mahasiswa ?
a.
Ya
b.
Tidak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar